Ternyata Bayi ini bayi Sewaan-Viral Video Bocah Lemas di Minimarket Jakpus, Dinsos Turun Tangan




















Jakarta - Video seorang bocah yang tergeletak lemas di lantai sebuah minimarket di Jakarta Pusat viral di media sosial. Kondisi bocah tersebut memicu rasa iba netizen.

Kisah yang viral ini diunggah pertama kali lewat Instagram oleh warganet bernama Nana Marlena (23). Nana menceritakan, peristiwanya terjadi pada Selasa (13/2) di sebuah mini market di Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat.

Nana mengisahkan, sekitar pukul 22.00 WIB, dirinya mampir ke mini market tersebut untuk mengambil uang di ATM. Namun, pandangannya tertuju kepada seorang bocah kecil berumur sekitar 1 tahun duduk lemas hingga tergeletak di lantai.

"Saat itu aku lihat bayi ini kok kayaknya lemes banget duduk di lantai. Jadi dia kayak nggak mampu duduk. Beberapa kali dia coba duduk, terus jatuh lagi ke lantai," ujarnya saat dihubungi detikcom lewat telepon, Rabu (14/11/2018).

Di dekat bocah itu ada seorang pria paruh baya. Dia memakai kemeja lengan pendek didominasi warna hijau, tas selempang dan kopiah warna hitam. Pria ini duduk di atas kursi dan nampak sibuk menghitung uang.

Karena prihatin dengan bocah tersebut, saat kondisi mini market sudah agak sepi, Nana pun memberanikan diri mendekat menyapa anak dan bapak itu. Nana meraih tangan bocah tersebut dan mencoba menggendong.

Saat menggendong bocah tersebut, Nana pun merasa kaget. Menurutnya saat itu kondisi bocah itu sangat memprihatinkan.

"Pas aku gendong, badannya lemes banget, dingin. Nggak ada suaranya. Jadi kayak kurang gizi," ucapnya.

Nana pun berusaha menanyakan ke pria tersebut soal bocah tersebut. Pria itu menyebut anak lemas itu bukan anaknya.

"Saya tanya 'ini anak bapak atau bukan?' dia jawabnya pertama bukan, terus anak tetangga, terus katanya nggak tau, ibunya yang urus. Saya tanya 'kenapa lemas?' dia bilang nggak tau sudah dipegang-pegang banyak orang," ucapnya.

Rekan Nana bertanya ke petugas minimarket soal sosok pria dan anak yang tergeletak lemas itu. Petugas minimarket menyebut pria itu adalah pengemis dan biasa menukarkan uang ketika malam hari. Tidak lama, pria itu kemudian pergi meninggalkan lokasi.

Nana menduga bocah tersebut memang bukanlah anak si bapak tersebut. "Kalau anaknya otomatis pasti digendong, kalo itu kan diletakin sembarangan di lantai, nggak dikasih alas. Apalagi itu kondisinya sudah malam, kasihan," ujarnya.

Nana kemudian menggunggah video dan cerita pengalamannya itu lewat akun Instagram-nya. Tidak lama, kisahnya viral dan banyak warganet yang merasa prihatin dan berharap bocah ini segera ditolong.

Nana juga mendapat sejumlah direct message (DM) di Instagram dari temannya atau netizen lainnya. Beberapa mengaku pernah melihat bapak dan bocah tersebut mengamen di beberapa titik di kawasan Jakarta Pusat.

Nana berharap dinas terkait, khususnya Dinas Sosial DKI Jakarta segera bergerak mencari dan menyelamatkan bocah tersebut. "Saya harap ada jalan yang terbaik untuk bapak dan anak itu," katanya.

Penelusuran detikcom


detikcom pukul 15.00 WIB tadi menyambangi mini market yang dimaksud. Pegawai mini market yang tidak mau menyebutkan namanya membenarkan adanya peristiwa di atas.

"Iya bocah itu memang lemes. Didudukin aja nggak bisa, langsung tiduran lagi, tengkurep gitu. Itu bapak yang bawa anak itu biasanya nuker yang doang. Tapi kalau ngamen di mana nggak tahu," ucap pegawai wanita ini.

"Saya juga sempat ngomong ke anak ini. Saya tanya-tanya juga, matanya (pandangannya-red) kosong," sambungnya.
Dia menambahkan, bapak tersebut biasa datang ke mini marketnya pada malam hari. Selain menukar uang mengamen, si bapak ini biasa menumpang ke toilet.

"Kalau sini (pengamen-red) banyak nuker uang bawa anak, kadang numpang kencing. Kadang ada yang masih kayak belum 17 tahun bawa anak-anak kecil, anak bayi kayak gitu. Jualan tisu," ucapnya.

detikcom mencoba menelusuri jalanan di sekitar Jalan MH Thamrin dan kawasan Bundaran HI, namun keberadaan bapak ini dan bocah tersebut tidak terlihat. Cuaca saat itu sedang gerimis.

detikcom mencoba mengonfirmasi hal ini ke Dinas Sosial DKI Jakarta. Mereka ternyata sudah mendapat laporan dan sedang melakukan penelusuran.

"Dinas sosial sudah mendapat laporan dari berbagai media sosial, baik Facebook maupun Instagram. Seketika itu juga petugas lapangan kita P3S Jakarta Pusat akan memantau keberadaan anak dan bapak tersebut," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Sosial DKI Jakarta Miftahul Huda saat dikonfirmasi detikcom sore ini.

0 Response to "Ternyata Bayi ini bayi Sewaan-Viral Video Bocah Lemas di Minimarket Jakpus, Dinsos Turun Tangan"

Posting Komentar

close
==[ Click here 1X ] [ Close ]==
Kode DFP2